Mahasiswa bantu Infografis Kependudukan Kelurahan Pedalangan




Semarang(8/8/2020) -- Ditengah-tengah epidemi COVID-19 sekarang ini, Kampus Diponegoro menerjunkan Mahasiswa KKN pada warga di domisilinya semasing untuk lakukan dedikasi program kerja yang dikatakan sebagai KKN Pulang Kampung. KKN Team II Undip yang dikerjakan semenjak tanggal 5 Juli sampai 15 Agustus 2020 kesempatan ini tidak sama dengan KKN yang awalnya. Sebab ada keadaan epidemi COVID-19 hingga dilaksanakan perkembangan tanpa ada kurangi essensinya. Mengenai topik yang diusung yakni "Pendayagunaan Warga ditengah-tengah Epidemi COVID-19 Berbasiskan pada Arah Pembengunan Berkepanjangan (SDGs)".

Dalam KKN kesempatan ini, tiap mahasiswa jalankan program kerja sekitar 2 program. Mengenai program kerja yang digerakkan oleh Rina Br Siahaan sebagai mahasiswi Team II KKN Undip yakni "Coklit Data Pemilih dalam menyongsong PILKADA 2020 serta Pengerjaan Database Masyarakat RW X Kelurahan Pedalangan".

Coklit sendiri adalah singkatan dari mencocokan serta mempelajari (coklit). Coklit data pemilih dikerjakan buat hindari ada duplikat data atau mungkin tidak tercatatnya warga yang semestinya mempunyai hak untuk pilih. Setelah itu pengerjaan database benar-benar diperlukan sebab tidak ada database kependudukan masyarakat ditempat yang pada akhirnya mempersulit beberapa piranti RW saat ada pekerjaan yang memerlukan data kependudukan seperti pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanankan di bulan Desember kelak.


dokpri Penerapan pekerjaan itu dilaksanakan dengan cara door to door ke rumah rumah masyarakat ditempat dengan minta foto copy Kartu Keluarga (KK) serta KTP calon pemilih dan bagikan kartu bukti pemilih pada masyarakat yang sudah tercatat untuk pemilih. Manfaat KK serta KTP sendiri untuk kepentingan pengerjaan database masyarakat RW X yang akan disimpan berbentuk file excel hingga gampang untuk dibuka setiap saat bila diperlukan serta gampang untuk dilaksanakan update data. Selanjutnya hasil database itu akan diciptakan berbentuk buku yang akan dikasih ke Ketua RW X Kelurahan Pedalangan.

"Awalannya pencatatan masyarakat melalui door to door untuk minta foto copy KK serta KTP untuk database untuk disimpan serta diciptakan" papar Rina

Program ke-2 tentang "Pengerjaan Infografis Statistika Kependukan Untuk Kontrol Perkembangan Masyarakat Kelurahan Pedalangan" yang mana info yang dimuat seperti jumlah masyarakat baik lelaki atau wanita, besar kepadatan masyarakat, seks ratio, piramida masyarakat, jumlah masyarakat berdasar: agama, tipe pekerjaan, tingkat pendidikan dan lain-lain.

"Infografis ini agar warga tahu benar mengenai info demografi yang ada serta bisa kurangi permasalahan kepadatan masyarakat" sambungnya.

dokpri Infografis statistika kependudukan ini diciptakan serta dipamerkan di kantor Kelurahan Pedalangan. Keinginannya adanya infografis kependudukan Kelurahan Pedalangan ini, karena itu warga atau orang yang bertandang ke kantor Kelurahan Pedalangan bisa ketahui info demografi di Kelurahan Pedalangan. Disamping itu diinginkan supaya piranti desa atau warga bisa menggunakan info itu dalam tentukan kebijaksanaan dalam kurangi permasalahan kepadatan masyarakat masa datang.



 

Postingan populer dari blog ini

This has actually sustained the continuous argument over whether ocean otters

Klarna rival Zilch posts first profit and appoints ex-Aviva CEO to board ahead of IPO

Administration Absence of funds delay Buhari's guarantees on Well-being